Fergio
Cara Membersihkan Lantai Vinyl agar Lebih Awet

Lantai vinyl merupakan lantai yang memiliki cara pemasangan lebih mudah dari lantai keramik, yang umum digunakan masyarakat untuk rumah mereka. Karena memiliki prosedur pemasangan yang berbeda, cara membersihkan lantai vinyl pun juga berbeda dari lantai keramik.

Mengetahui cara membersihkan vinyl atau lantai jenis vinyl ini sangat penting untuk Anda ketahui agar lantai Anda menjadi lebih tahan lama.

Cara Membershkan Lantai Vinyl agar Awet

Berikut adalah tips-tips yang harus Anda ketahui sebelum mulai membersihkan lantai vinyl.

1. Gunakan Sapu atau Vacuum Cleaner untuk Membersihkan Debu Kering

 

cara membersihkan vinyl

Jika hendak membersihkan debu pada lantai vinyl, Anda bisa melakukannya sama seperti lantai jenis lain, yaitu dengan menyapunya. Alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner agar dapat membersihkan bagian pojok dengan mudah.

2. Lakukan Pengepelan Tanpa Membuat Lantai Banjir

 

lantai vinyl dipel

Berbeda dengan cara membersihkan tiles atau lantai keramik, mengepel lantai vinyl ini tidak bisa Anda lakukan dengan sembarangan. Ini adalah poin yang perlu Anda perhatikan untuk membersihkan lantai vinyl, karena air merupakan musuh terbesar dari lantai ini.

Seperti yang telah Anda ketahui, pemasangan lantai vinyl tidak memerlukan semen, melainkan dengan lem yang jika terkena air dapat mengurangi daya rekatnya. Artinya, Anda harus benar-benar memperhatikan cara untuk membasahi lantai jenis ini agar tidak merusak lemnya.

Salah satunya adalah dengan menghindari proses pengepelan dengan cara menumpahkan air di atas lantai dan kemudian mulai mengepel. Alih-alih membanjiri lantai, Anda bisa membasahi pel sedikit sebelum melakukannya proses pengepelan.

Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir adanya air yang masuk ke bawah lantai dan merusak lemnya, jika lantai vinyl dipel dengan baik.

3. Menggunakan Bahan atau Cairan Pembersih Lantai Vinyl

 

Cairan Pembersih Lantai Vinyl

Apabila terdapat noda yang sulit Anda bersihkan, Anda akan membutuhkan cairan pembersih yang ampuh untuk membersihkannya. Karena lantai vinyl memiliki wear layer yang melindungi tekstur lantai dari bahan kimia, Anda tidak perlu khawatir akan lunturnya tekstur akibat penggunaan cairan pembersih.

Beberapa cairan pembersih tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Cuka Apel

Memanfaatkan cuka apel sebagai pembersih sangat ampuh untuk menghilangkan kotoran. Dengan tingkat keasamannya yang tinggi, yakni dengan pH senilai 2 sampai 3, Anda dapat mencampurkan dan melarutkan secangkir cuka apel dengan air hangat, lalu mengepel kotoran dengan cairan campuran tadi.

  • Lubrikan WD-40

Lubrikan WD-40 juga bisa Anda manfaatkan jika campuran cuka apel dan air tadi tidak cukup untuk membersihkan kotoran. Untuk menggunakannya, Anda cuma perlu menuangkan sedikit lubrikan pada handuk, kemudian menggosokkan handuk tersebut pada bagian lantai yang kotor.

  • Soda Kue

Menggunakan soda kue adalah langkah yang Anda perlu tempuh jika kotoran pada lantai berupa jus anggur, kecap, atau saus tomat yang sulit untuk dibersihkan. Campurkan soda kue dengan air, tuangkan, lalu gosok dengan lap hingga kotoran tersebut hilang.

  • Alkohol

Cairan alkohol ampuh untuk menghilangkan kotoran-kotoran seperti tinta atau lipstik. Anda hanya perlu menggosokkan lap yang telah basah oleh alkohol pada bagian yang kotor tersebut hingga hilang.

Penutup

Pada dasarnya cara membersihkan lantai vinyl cukup mudah. Namun, karena pantangannya terhadap air, Anda perlu berhati-hati jika hendak mengepel lantai vinyl Anda. Dengan membersihkan lantai vinyl secara tepat, lantai Anda bisa lebih awet sehingga tidak perlu menggantinya dengan sering.

Fergio menyediakan lantai vinyl yang berkualitas untuk keindahan dan kenyamanan rumah Anda. Jika Anda tertarik untuk menggunakan lantai kayu segera cek lantai vinyl Fergio di sini!