5-tips-memilih-lantai-vinyl-untuk-rumah-agar-terlihat-mewah
5 Tips Memilih Lantai Vinyl untuk Rumah Agar Terlihat Mewah

Tips Memilih Lantai Vinyl untuk Rumah Modern dan Elegan

Ini 5 tips yang harus Anda perhatikan agar hal itu tak terjadi.

1. Pertimbangkan Motif dan Corak Lantainya

 

tips memilih lantai vinyl untuk rumah

Hal pertama untuk Anda perhatikan adalah motif dan coraknya. Secara umum tersedia dua jenis corak labatai vinyl, yaitu crystal dan deep. Crystal memiliki ciri corak seperti butir–butir air dan bentuknya mirip kayu halus ketika dipotong.

Corak ini cocok untuk Anda yang tak suka ruangan terlalu ramai, terlihat lebih luas, atau ingin motif polos. Meskipun ada juga jenis crystal yang terdiri dari beberapa pattern sekaligus, tetapi asalkan bisa mengaturnya, ruangan jauh terasa lebih nyaman.

Corak deep biasanya mengadopsi bentuk kayu yang lebih natural, bebas, serta tak teratur. Nuansa rustic dan vintage akan terasa sangat kental. Bisa juga cobain lantai vinyl motif concrete untuk nuansa klasik dan elegan ala abad pertengahan.

2. Pastikan Memiliki Perlindungan Maksimal

 

 lantai vinyl murah

Sebagaimana bahan lantai lainnya, vinyl juga rentan mengalami kerusakan. Tetapi teknologi masa kini sudah mampu menghasilkan vinyl yang tahan lama. Karena itu pastikan ia memiliki beberapa perlindungan dasar, seperti antiair, antigores, dan antinoda.

Adanya perlindungan tersebut membantu Anda lebih bebas ketika beraktivitas, menjalankan berbagai kegiatan, serta tak takut menumpahkan sesuatu ke lantai. Selain itu mudah juga membersihkannya, sehingga tampilan tetap terkesan elegan.

Untuk memperkuat perlindungannya, bisa memilih lantai vinyl roll. Jenis ini memungkinkan mengurangi sambungan, sehingga meminimalisir kerusakan akibat ada air yang merembes dari sela sambungan.

3. Sesuaikan dengan Ukuran Ruangan

 

harga lantai vinyl

Umumnya lantai vinyl tersedia dalam tiga jenis ukuran, yaitu roll, plank, dan tile. Dari tiga jenis ini pastikan memilih sesuai dengan ruangannya. Untuk ruangan dengan kelembapan tinggi, usahakan memilih roll agar meminimalisir potensi kerusakan akibat air merembes.

Sedangkan pada area kering, bisa bereksperimen dan berekspresi menggunakan jenis plank. Terdapat beberapa cara menyusun corak lantainya, seperti motif versailles, herringbone, bata, dan sebagainya. Tak perlu khawatir bereksperimen karena lantai vinyl murah dibandingkan lantai lainnya.

4. Pastikan Biaya Perawatannya Tidak Terlalu Besar

 

Meskipun terkenal awet hingga satu dekade, tetapi apabila tak mendapatkan perawatan rutin, tentu lantai bisa lebih cepat rusak. Terutama rusak karena air, korosi, atau efek noda yang tak pernah diangkat dari lantainya.

Untuk itu lnantai harus selalu mendapatkan perawatan, seperti membersihkan dengan sabun lantai, menyapu, atau bahkan perlu melapisinya lagi dengan lapisan khusus. Saran kami, pilihlah jenis yang perawatannya mudah, seperti bisa di sapu pel biasa sudah cukup.

5. Jangan Membeli Melebihi Anggaran Anda

 

Meskipun menarik dan estetik, pastikan juga telah menghitung harga lantai vinyl, entah per balok, roll, atau petak. Hitung secara matang, tak hanya membeli materialnya saja, tetapi juga biaya pemasangannya juga.

Dengan perhitungan seperti ini, mampu mencegah risiko finansial yang berdampak pada keluarga Anda. Mungkin jika dana terbatas, Anda bisa memulai dari beberapa ruangan terlebih dahulu, tak harus serentak. Dengan demikian tetap bisa menikmati indahnya lantai vinyl di rumah sendiri.

Sudah menyimak tips memilih lantai vinyl untuk rumah? Sekarang saatnya menyimak ke mana harus memesannya. Salah satu agen tepercaya dan memiliki banyak koleksi vinyl adalah Fergio. Layanannya cepat, berkualitas, presisi, dan kualitasnya terjamin. Tunggu apa lagi, hubungi Fergio sekarang!