Fergio
Tipe-Tipe Pola Pemasangan Lantai Kayu untuk Rumah Anda

Ada berbagai cara memasang lantai kayu untuk hasil dekorasi yang rapi dan menarik. Jika Anda ingin memasang lantai kayu, ada baiknya untuk mengetahui tipe-tipe pola pemasangan lantai kayu yang bisa diterapkan untuk rumah Anda.

Susunan lantai kayu yang bisa Anda terapkan sebenarnya bisa bermacam-macam. Di artikel ini, kami akan menyediakan beberapa di antaranya yang dapat Anda aplikasikan untuk hunian Anda.

1. Pola Susun Sejajar Rata

 

ukuran lantai kayu flooring

Pola ini adalah pola yang sangat mudah untuk Anda aplikasikan dalam memasang lantai kayu. Pada dasarnya, Anda hanya perlu memasang balok-balok kayu yang mengarah ke arah yang sama.

Namun, Anda perlu memastikan bahwa semua lantai kayu memiliki ukuran yang sama, serta tepi lantai kayu yang terpasang segaris dengan yang lainnya. Jika ada sisi lantai yang tidak segaris, maka desain lantai justru akan tampak terlihat asal-asalan, dan berkesan kurang rapi jika dipandang.

2. Pola Susun Sejajar Selang-seling

 

Ini adalah pola yang sama sebelumnya, namun setiap barisannya memiliki titik joint yang berselang-seling. Misal, pada baris kedua setiap titik joint-nya akan selalu bertemu dengan bagian paling tengah dari setiap lantai kayu pada baris pertama.

Oleh karena itu, Anda nantinya akan membutuhkan proses pemotongan lantai kayu yang lebih detail dari sebelumnya, karena pada sisi ruangan akan membutuhkan ukuran parket kayu setengah dari aslinya.

3. Pola Susun Sejajar Acak

 

Pola ini merupakan kebalikan dari pola susun sejajar rata. Alih-alih membuat setiap garis tepinya segaris, Anda akan perlu mengupayakan agar posisi garis tepinya terlihat random.

Membuat pola ini sebenarnya gampang-gampang susah. Terbilang gampang karena Anda tidak harus memotong ukuran lantai kayu flooring secara presisi agar terlihat rapi. Namun bisa jadi cukup susah karena Anda juga harus tetap melakukan pemotongan kayu yang lebih banyak.

4. Pola Basket Weave

 

Karakteristik dari pola ini berbentuk persegi yang di dalamnya terbagi menjadi beberapa persegi panjang, sekitar 4 atau 5 buah. Kemudian di setiap sisinya dibatasi oleh bentuk yang sama dengan susunan yang merupakan rotasi dari persegi tadi.

Membuat pola ini sebenarnya cukup tricky jika Anda melakukannya dengan lantai kayu parket. Sebab, Anda perlu melakukan pemotongan lantai untuk membuat persegi panjang-persegi panjang yang kecil tadi. Oleh karena itu, pola ini cocok jika Anda menggunakan lantai vinyl yang pemasangannya menggunakan lem.

5. Pola Bentuk V

 

Ada dua pola yang umumnya bisa Anda gunakan untuk memperoleh bentuk V, yaitu pola herringbone dan chevron.

Pola herringbone memiliki bentuk berupa huruf V yang dibuat dengan susunan persegi panjang yang kecil seperti pada gambar. Seperti pola basket weave, Anda perlu memotong lantai menjadi beberapa persegi panjang kecil dengan ukuran vinyl seragam agar pola yang Anda peroleh menjadi rapi, atau tidak membelok.

Sedangkan untuk pola chevron, huruf V terbuat dari susunan jajar genjang yang setiap sisi miringnya bertemu dengan sisi miring jajar genjang yang lain. Tentunya ini menjadi lebih sulit untuk Anda potong karena harus memotong bentuk jajar genjang yang setiap sudutnya tidak membentuk 90 derajat.

Penutup

Ada banyak pola yang bisa Anda bentuk menggunakan lantai kayu. Dengan mengetahui tipe-tipe pola pemasangan lantai kayu, Anda dapat memberikan tambahan feel untuk pemandangan rumah Anda atau melahirkan ide kreatif untuk merancang pola sesuai dengan yang Anda inginkan.

Fergio menyediakan lantai kayu berupa parket dan vinyl yang berkualitas untuk keindahan dan kenyamanan rumah Anda. Jika Anda tertarik untuk menggunakan lantai kayu segera cek lantai kayu parket Fergio di sini dan vinyl Fergio di sini!