Fergio
Ini Cara Pilih Lantai Kayu SPC Berkualitas

Jangan Sampai Salah Pilih Kualitas SPC
 
Ketebalan Lantai Kayu SPC
 
Lantai Kayu SPC saat ini sedang banyak diminati oleh banyak orang, SPC sendiri adalah hasil pengembangan produk dengan teknologi terbaru. Brand Fergio sendiri memiliki produk Lantai Kayu SPC dengan ketebalan 4mm.
 
Lantai Kayu SPC memiliki variasi ketebalan mulai dari 4 / 5 / 6 mm. Namun apakah ada perbedaannya? sejujurnya tidak ada, karena Lantai Kayu SPC berbahan dasar utama 70% Limestone / Batu Kalsium yang dicampur dengan 30% PVC. Maka dari itu, Lantai Kayu SPC akan memiliki sifat yang kaku dan kuat. Sehingga ketebalan tidak akan memiliki pengaruh signifikan selain semakin tebal maka harga produk akan lebih tinggi.
 
Limestone: Rock Uses, Formation, Composition, Pictures     Chicago gets its first vinyl-pressing plant in decades | Music ...
              ( ilustrasi limestone )                                           ( Ilustrasi biji pvc )
 
Beda Lantai Kayu SPC dengan lantai kayu vinyl. Vinyl memiliki ketebalan kisaran 2-3 mm berbahan dasar PVC dan bersifat lentur, sehingga semakin tebal lantai vinyl (LVT) maka akan semakin baik (semakin tipis biasanya vinyl akan menjiplak bentuk lantai dasarnya).
 
Lantai SPC Berbahan Dasar Mayoritas Batu
 
Lantai Kayu SPC seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berbahan dasar 70% batu limestone sehingga memiliki sifat kaku. Hal ini membuat Lantai Kayu SPC tidak memungkinkan untuk ditekuk dengan mudah seperti LVT (Lantai Vinyl). SPC yang mudah ditekuk ada kemungkinan memiliki kandungan PVC yang lebih besar daripada kandungan batu, yang akan berpengaruh ke kualitas dari produk Lantai Kayu SPC itu sendiri.
 
Contohnya, Lantai Kayu SPC yang kaku akan memiliki kandungan batu lebih banyak daripada PVC. Sehingga persentase permuaian dan penyusutan SPC akan lebih kecil karena sifat dari batu yang tidak mudah susut dan muai.
 
Berbeda halnya dengan SPC yang memiliki kandungan PVC lebih banyak, persentase permuaian dan penyusutan otomatis akan lebih besar. Hal ini karena sifat PVC yang mudah susut dan muai.
 
Thermal Expansion of Luxury Vinyl Tile and Plank Flooring | The ...
 
     ( Ilustrasi Lantai Kayu Susut & Muai )
 
 
Cara lain untuk mengetahui apakah Lantai Kayu SPC kandungan batunya lebih banyak atau sedikit adalah dengan cara menyenter SPC dari bagian bawahnya. Apabila tembus biasanya kandungan batu dalam SPC lebih sedikit dari PVC, karena sifat dasar batu tidak bisa ditembus oleh cahaya sedangkan PVC bisa ditembus cahaya.
 
Mengapa penyusutan dan permuaian penting? Karena apabila lantai kayu mudah susut atau muai, maka lantai akan terlihat ada gap atau celah yang mengakibatkan estetika menurun.
 
 
Core Lantai SPC Berwarna Putih
 
Lantai Kayu SPC ada dua jenis apabila dilihat dari bahan dasarnya :
 
1. Material Daur Ulang
    Material daur ulang pada SPC biasanya dapat dilihat dari segi warna core nya.
    core yang berwarna hitam dalam SPC berarti bahan yang dipakai biasanya bahan daur ulang.
 
2. Material Baru
    Material baru pada SPC dapat dilihat pada warna core nya yang berwarna putih.
    core yang berwarna putih artinya bahan dasar nya menggunakan bahan dasar batu limestone yang baru.
 
 
Itulah point point penting dalam mencari SPC berkualitas dari Lantai Kayu Fergio. Semoga dengan edukasi ini tidak lagi ada kekeliruan dalam memilih Lantai Kayu dan dapat bermanfaat bagi kalian semua.