Fergio
5 Alasan Kenapa Lantai Parket & SPC Harus Menggunakan Foam

Selain memberikan kesan natural, jenis lantai parket dan SPC (Stone Plastic Composite) juga termasuk mudah untuk dipasang. Keduanya membutuhkan lapisan foam saat hendak dipasang. Kenapa lantai parket & SPC harus menggunakan foam? Temukan jawabannya di artikel ini.

Lantai parket merupakan lantai dari bahan kayu yang telah diproses sehingga berbentuk lembaran papan siap pasang. Sedangkan lantai SPC adalah jenis lantai vinyl yang merupakan campuran dari kalsium karbonat, bubuk PVC, dan stabilizer. Sama seperti parket, umumnya SPC tersedia dalam bentuk lembaran.

Fungsi Foam pada Pemasangan Lantai Parket & SPC

Seperti yang kami tulis sebelumnya, bahwa dalam pemasangan, kedua jenis lantai ini membutuhkan foam. Anda harus meletakkan foam pada bagian paling atas, sebelum lembaran lantai. Apa fungsi underlayer foam tersebut?

  1. Mencegah Air Keringat Plesteran Mengenai Lantai Kayu

 

Kenapa Lantai Parket & SPC Harus Menggunakan Foam

Dalam keadaan tertutup, lantai yang telah diplester biasanya akan mengeluarkan air atau keringat. Jika air mengenai lantai parket atau SPC, akan mempengaruhi keadaan lantai kayu, sehingga kayu dapat memuai. Inilah yang biasanya menyebabkan kondisi lantai tidak rata dan bergelombang pada area tertentu.

Lapisan foam akan mencegah air untuk mengenai lantai kayu, sehingga meminimalisir kemungkinan lantai kayu untuk mengalami pemuaian atau penyusutan.

  1. Membantu Meratakan Lantai Dasar Sebelum Lantai Kayu Terpasang

 

 fungsi underlayer foam

Ketika hasil plester tidak rata, ini tentu akan mengurangi estetikanya. Karenanya, penggunaan lapisan foam dapat membantu membuat permukaan di bawah lantai kayu menjadi rata. Permukaan alas yang rata akan membuat lantai kayu lebih rapi dan tertata.

  1. Menjaga Kelembapan Lantai Kayu

 

harga lantai spc per meter

Alas semen di bawah lantai kayu biasanya memiliki suhu yang selalu berubah, tergantung cuaca. Bisa menjadi panas ataupun dingin. Akibatnya akan berpengaruh pada kondisi lantai kayu. Ketika semen panas, lantai kayu dapat memuai dan menyusut saat dingin.

Lapisan foam berfungsi untuk membantu menjaga suhu agar tetap hangat, sehingga lantai tetap stabil.

  1. Meredam Bunyi Bising dari Lantai Kayu Saat Diinjak

 

Saat kaki melangkah di atas lantai kayu, akan mengeluarkan sedikit bunyi. Lapisan foam dapat meredam bunyi tersebut sehingga dapat lebih tenang dan tidak berisik.

  1. Menambah Kenyamanan Langkah Kaki Saat Melangkah di Lantai Kayu

 

Dengan adanya underlayer foam, akan ada bantalan yang membuat lantai kayu lebih nyaman saat diinjak.

Tips Terkait Pemilihan Lantai Parket dan SPC

 

Pilihlah jenis lantai kayu sesuai dengan kebutuhan dan kesesuaian desain, atau tampilan rumah Anda. Ukur terlebih dahulu luas lantai rumah, untuk memastikan berapa banyak kebutuhan lantai kayu pada rumah Anda.

Sesuaikan budget yang Anda miliki dengan harga lantai kayu. Jangan ragu untuk menanyakan harga lantai SPC per meter, agar biaya tidak membengkak.

Pastikan Anda membaca petunjuk pemasangan lantai kayu, untuk hasil pemasangan yang lebih bagus. Jika Anda tidak yakin untuk memasangnya sendiri, Anda bisa menghubungi penjual atau orang yang lebih ahli dalam hal ini. Rawatlah lantai kayu sehingga bisa awet dan senantiasa cantik.

Tak perlu bingung untuk mencari merk lantai SPC terbaik, karena kini Fergio hadir dengan lantai parket dan SPC berkualitas, dengan bahan yang tahan panas dan antigores.

Penutup

Penggunaan lapisan foam pada lantai kayu memiliki banyak manfaat agar hasil pemasangan lebih pas dan rapi. Untuk keterangan lebih lanjut Anda bisa menghubungi lantai kayu fergio baik online maupun offline.

Tanyakan segala sesuatu terkait lantai kayu termasuk alasan kenapa lantai parket & SPC harus menggunakan foam. Ketika sudah yakin, Anda bisa memilih jenis lantai kayu yang Anda butuhkan, sehingga rumah dapat menjadi lebih indah.