Fergio
Yuk Ketahui Bahan Lantai Parket, Kelebihan dan Kekurangannya!

Sebelum memastikan akan memilih lantai parket sebagai lantai rumah Anda, sebaiknya Anda mencari tahu segala sesuatu mengenai jenis lantai ini. Mulai dari bahan lantai parket, jenis, harga, cara merawat, hingga kelebihan dan kekurangannya.

Simak selengkapnya untuk tahu informasi lebih lanjut tentang lantai parket.

Bahan Lantai Parket

bahan lantai parket

Lantai parket merupakan jenis lantai kayu yang terdiri dari susunan balok kecil atau potongan kayu. Susunan ini kemudian diproses melalui pengepresan sehingga menciptakan pola yang teratur dan geometris. Biasanya lantai parket berbentuk lembaran siap pakai.

Karena terdiri dari susunan kayu, jenis lantai parket bisa terbuat dari kayu murni seutuhnya atau kayu olahan, salah satunya jenis laminated.

Pada awal kemunculannya, penggunaan lantai parket untuk mengganti ubin dingin sehingga menjadi lebih hangat. Karena pesona keindahannya, lantai kayu jenis ini tetap populer hingga hari ini.

Kelebihan Lantai Parket

 

kelebihan lantai parket

Dibanding jenis lantai lain. lantai parket punya beberapa kelebihan yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Pilihan  Motif Lebih Beragam

Daripada papan kayu biasa, jenis lantai parket memiliki motif yang lebih beragam, karena merupakan susunan dari potongan kayu. Anda bisa menyusun kepingan lantai parket menjadi motif tertentu sesuai yang kreativitas Anda.

2. Perawatan Tergolong Mudah

Anda hanya perlu rutin membersihkan lantai parket dengan menyapunya atau dilap dengan kain basah. Juga hindarkan lantai parket dari tumpahan genangan air. Agar selalu cantik, hindarkan dari benda-benda yang dapat menggores atau membuat lantai ini lecet.

3. Lebih Murah daripada Papan Kayu

Dibandingkan papan kayu asli,  harga lantai parket jauh lebih murah, terutama lantai parket laminated, karena terbuat dari kayu olahan. 

Sebagai perbandingan, lantai parket kayu solid ukuran 182 cm x 15 cm dengan ketebalan 1.5 mm dijual seharga Rp720.000. Sedangkan parket laminated dengan ukuran 121,7 cm x 157,6 cm, ketebalan 8 mm, dijual sekitar Rp360.000.

Jadi harga parket laminated bisa separuh dari kayu solid, dengan ukuran yang jauh lebih lebar.

4. Bebas dari Pemicu Alergi

Karena mudah dibersihkan, lantai parket tidak membuat debu, bulu hewan, atau kotoran lainnya mengendap, sehingga memicu alergi. Selain itu, jenis lantai ini bukanlah tempat yang baik untuk jamur tinggal, jadi lebih bersih dan aman.

5. Kuat dan Awet

Dengan pemakaian normal dan perawatan yang tepat, lantai parket bahkan dapat mempertahankan kilaunya hingga 10 sampai 15 tahun. Anda hanya perlu memastikan lantai dirawat dengan baik dan ikuti petunjuk pembersihan, lantai parket dapat bertahan selama beberapa generasi.

Kekurangan Lantai Parket

 

kekurangan lantai parket

Dengan beberapa kelebihan di atas, lantai parket juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

1. Butuh Permukaan Rata saat Pemasangan

Jika dipasang pada permukaan yang tidak rata, lantai parket akan berbentuk bergelombang sehingga kurang indah dipandang. Karenanya biasanya Anda perlu meratakan alas lantai terlebih dahulu. Anda juga bisa mengatasinya dengan menambahkan foam saat pemasangan.

2. Permukaan Gampang Lecet

Karena terbuat dari kayu, permukaan lebih mudah lecet dan tergores. Untuk mengatasinya Anda bisa memilih jenis parket yang memiliki lapisan khusus anti gores.

Kesimpulan

Informasi mengenai bahan serta kelebihan dan kekurangan lantai parket dapat Anda pertimbangkan ketika hendak menggunakannya untuk lantai ruangan. Sesuaikan jenis lantai parket dengan biaya dan tema rumah Anda.

Kini tersedia lantai fergio yang dilengkapi lapisan khusus dari bahan yang berkualitas.  Sehingga warna lantai parket fergio bisa tahan lama, gampang dibersihkan,  serta tahan panas & tidak mudah terbakar.

Kunjungi website www.lantaikayufergio.com dan cari tahu lebih lanjut mengenai bahan lantai parket. Pilihlah yang terbaik dan dapatkan tampilan rumah yang indah dan memesona.