Fergio
Sebelum Beli, Kenali Karakteristik Lantai SPC dan Cirinya!

Sebelum Anda menginstalnya sebagai interior di ruangan yang akan Anda bangun, ada baiknya Anda kenali dulu karakteristik lantai SPC.

Sebagai salah satu jenis flooring yang beredar di pasaran, ada hal-hal tertentu yang membedakan antara lantai SPC dengan flooring lain.

Key Takeaways:

Dalam artikel ini, kami akan membahas semua aspek flooring yang perlu Anda pertimbangkan. Sehingga Anda memiliki pertimbangan menyeluruh mengenai sebelum menjatuhkan pilihan flooring.

Mari kita kupas karakteristiknya satu per-satu!

1. Kokoh namun Tetap Ringan & Tipis

 

Apakah lantai SPC berbahaya?

Bahan inti lantai SPC memang composite dari beberapa komponen termasuk batu kapur yang membuatnya lebih kokoh ketimbang PVC. Jadi, tidak mudah hancur dan rusak.

Namun, bukan berarti flooring ini berat dan tebal. Faktanya, ketebalannya umumnya berkisar 4 hingga 7 milimeter, dengan berat berkisar 2 hingga 7 kilogram untuk setiap meter perseginya.

2. Antislip dan Memberi Keamanan Ekstra

 

karakteristik lantai SPC

Apakah lantai SPC berbahaya? Tidak. Malah untuk Anda yang memperhatikan problem keamanan pada pilihan flooring, lantai SPC bisa jadi opsi utama.

Karakter materialnya yang berintikan baru, ini memberikan efek tahan air dan antislip. Jadi, Anda yang punya anak-anak bisa merasa lebih safety jika berbagai ruangan di rumah menggunakan lantai SPC.

Menariknya, karena karakter ini juga, di tempat-tempat umum lantai SPC kerap menjadi pilihan. Tentu saja, lagi-lagi dengan alasan lebih aman.

3. Tidak Mudah Terbakar

 

Apakah lantai SPC berbahaya?

Selain anti slip, tawaran keamanan dari lantai SPC datang dari karakternya yang tidak mudah terbakar. Pada peristiwa yang tidak diharapkan, api yang mengenai lantai SPC tidak akan mudah terbakar dan menyebar ke bagian dalam ruangan lainnya.

Dalam klasifikasi konstruksi tahan api, flooring ini masuk dalam kategori B1. Itu artinya, karakternya hampir tidak mudah terbakar. Secara level, ada di posisi 2 dari 7 levelling klasifikasi konstruksi yang aman dari api.

4. Awet dan Lebih Tahan Gores

 

Bagian terluar lantai SPC umumnya merupakan lapisan antiwear layer dengan tebal 0,5 - 0,7 milimeter. Keberadaan lapisan ini berfungsi menjaga lantai dari goresan, baret, dan sejenisnya.

Dalam kondisi normal, ketebalan lapisan tersebut dapat mempertahankan usia lantai SPC tetap bagus hingga 5 bahkan 10 tahun. Jadi, jika Anda bertanya apakah lantai SPC tahan berapa lama, maka itulah jawabannya.

Belum lagi UV coating layer sebagai lapisan lainnya yang membuat daya tahan semakin kuat. Dengan karakter ini, Anda tentu bisa menghemat budget renovasi nantinya.

5. Tampilannya Mewah dan Menarik

 

Look dekorasi pada lantai SPC juga variatif. Baik dari sisi warna maupun polanya. Selain itu, kesan mewah juga sangat kentara. Apalagi, jika dibuat dengan finishing emboss.

Bangunan yang sederhana, akan terasa lebih berkelas dengan pemasangan flooring SPC sebagai interiornya. Tak heran jika tempat-tempat seperti hotel atau apartemen menggunakannya.

6. Tahan Serangan Rayap

 

Meski tampilannya classy dan serupa dengan kayu, lantai SPC yang berbahan bubuk batu ini antirayap. Anda tak perlu khawatir dengan lantai yang rusak dan tak nyaman Anda injak karena habis oleh rayap.

Namun, pastikan Anda membeli lantai SPC di tempat yang benar-benar menjual flooring ini dengan material bubuk batu asli agar karakter ini ada.

7. Proses Instalasi Mudah

 

Satu lagi ciri yang menjadi kelebihan dari lantai ini, yakni mudah diinstalasikan. Anda tak membutuhkan semen mortar untuk memasang lantai SPC, sehingga memangkas proses dan mungkin ongkos kerja tukang.

Dengan segala karakteristik lantai SPC yang sudah kami ungkapkan, apakah Anda tidak tergiur untuk mencoba menginstalasikannya sekarang? Jika tertarik, Anda bisa hubungi Fergio, kami menyediakan berbagai pilihan lantai SPC yang bisa dicocokkan dengan selera interior Anda.

Kami tunggu ya!