Fergio
Tutorial Cara Pasang Lantai SPC & Alat yang Wajib Disiapkan

Kalau mau praktis dan mendapatkan hasil optimal, memakai jasa instalasi flooring memang pilihan utama. Namun, tak ada salahnya juga untuk mencoba mencari tahu cara pasang lantai SPC dan mengaplikasikannya.

Faktanya, proses pemasangannya terbilang mudah jika dibandingkan dengan flooring lain. Selain tidak membutuhkan lem, merekatkan SPC flooring umumnya menggunakan sistem click yang praktis.

Jadi, Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda memiliki berbagai alat untuk memasangnya plus ketelitian dalam mengaplikasikannya.

Key Takeaways:

Artikel ini akan membahas alat-alat yang perlu Anda siapkan dan step-step yang perlu Anda lakukan.

Oh ya, apa yang kami bahas ini adalah cara instalasi untuk SPC click yang umumnya ada di pasaran ya!

Alat-Alat yang Anda Butuhkan

Sebelum mulai memasangnya, Anda perlu menyiapkan sejumlah alat. Berikut ini deretan alat yang perlu Anda siapkan beserta dengan fungsinya dalam proses pasang yang akan Anda lakukan.

?       Penggaris siku: menentukan bidang potong serta perkiraan sudut flooring.

?       Roll meter/meteran: mengukur sudut, termasuk sudut siku-siku.

?       Palu karet: merekatkan SPC flooring dengan lantai dengan aman, tidak menyebabkan flooring rusak.

?       Gerinda/cutter: membantu memotong flooring untuk menyesuaikan dengan ukuran dan sudut-sudut ruangan.

?       Tapping blok: menjadi pelindung yang menahan lantai saat Anda menggunakan palu.

?       Pensil: membuat garis-garis di lantai untuk mempermudah pemasangan.

Jika lantai rumahnya agak sedikit miring atau kurang rata, Anda bisa menyiapkan alat tambahan semisal:

?       Waterpass: membantu menentukan tingkat kerataan lantai ketika proses pemasangan.

?       Spacer: memudahkan perataan permukaan lantai sekaligus mengatur tingkat ketebalan not lantai.

Langkah Pemasangan Lantai SPC

Setelah alat siap, sekarang mari kita mulai cara pemasangan lantai vinyl SPC!

  1. Setelah semua alat-alat siap, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan lantai di ruangan yang ingin Anda pasang lantai SPC. Hal ini penting agar seluruh bidang lantai benar-benar rata.
  2. Mulai taruh panel SPC dari salah satu bagian sudut ruangan. Simpan hingga menempel di dinding.

 

  1. Rekatkan satu panel dengan panel lainnya hingga bagian sisi tertutupi oleh SPC. Ini sangat mudah karena ujung panel SPC telah didesain sedemikian rupa sehingga bisa tersambung dengan praktis.

 

cara pemasangan lantai vinyl SPC

  1. Dalam prosesnya, Anda mungkin menemukan panel yang tidak pas ukurannya. Nah, pisahkan panel ini untuk kemudian Anda potong.

 

            

  1. Ukur bagian yang harus Anda potong dengan penggaris, pastikan ukurannya presisi.

 

  1. Kemudian, potong SPC. Cara memotong SPC bisa dengan gerinda atau cutter. Saat memotong, pastikan bagian sambungan (click) tidak terpotong agar panel bisa terpasang lagi. Jika sudah, pasang kembali di lantai.

 

Cara memotong SPC

  1. Ulangi proses tersebut secara berulang sampai tengah. Untuk membuat flooring yang sudah terpasang kokoh dan presisi, Anda bisa gunakan palu karet dan palu flooring dengan menggunakan tapping block.

 

SPC click

  1. Pada bagian ujung seperti pintu, Anda bisa memasang stopper yang biasanya ada dalam paket flooring. Sebelum pasang, ukur dulu pintu dan sesuaikan ukuran stopper dengan memotongnya.

 

  1. Anda bisa mengatur sendiri batas penggunaan SPC ini. Baik terpasang dengan memenuhi seluruh isi ruangan atau hanya sebagian saja. Jika semua sudut yang Anda kehendaki sudah tertutup flooring dan Anda kokohkan dengan palu, silahkan simpan kembali furniture di atas lantai.

Penutup

Selanjutnya, Anda tinggal merawat apa yang sudah Anda pasang dengan baik. Meskipun durabilitas lantai SPC ini tergolong tinggi, tetap saja perawatan tak boleh luput Anda lakukan.

Semoga, cara pasang lantai SPC ini membantu ya! Jika Anda belum beli lantai SPC-nya, Anda mungkin bisa mempertimbangkan produk dari Fergio. Kami memiliki koleksi produk kualitas premium dengan harga terjangkau, cek yuk!