tips-agar-lantai-kayu-parket-laminate-tetap-mengkilap
Tips Agar Lantai Kayu Parket Laminate Tetap Mengkilap

Perawatan Lantai Kayu agar Tetap Mengkilat

Jika Anda tertarik menggunakan lantai kayu laminate, ada beberapa perawatan yang perlu dilakukan agar tampilan kayu tetap terlihat mengkilap. Berikut beberapa tips merawat kayu laminate agar tetap mengkilap, antara lain:

 

1. Menyapu Lantai Secara Teratur

Anda harus membersihkan debu pada permukaan lantai menggunakan lap kering setiap hari. Kotoran, rambut, dan puing-puing dapat menyebabkan goresan pada permukaan lantai jika tidak dibersihkan secara teratur. Selain menggunakan lap kering, Anda juga bisa membersihkan permukaan lantai kayu laminate menggunakan penyedot debu berbulu halus. Sebaiknya hindari menggunakan sikat lantai dengan bulu yang kasar, karena dapat merusak permukaan lantai. Saat membersihkan lantai, usap sesuai arah dari lantai kayu, sehingga semua kotoran dapat terangkat.

 

2. Segera Membersihkan Cairan yang Tumpah

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga lantai laminate agar tetap mengkilap adalah segera membersihkan cairan yang tumpah. Anda dapat menggunakan spons atau kain untuk membersihkan lantai. Membiarkan cairan menggenang terlalu lama di permukaan lantai, akan merusak lapisan lantai kayu laminate, sehingga tidak tampak mengkilap lagi. Setelah membersihkan cairan dengan kain atau spons, sebaiknya segera keringkan menggunakan kain kering yang lembut.

 

3. Membersihkan Lantai dengan Air Hangat

Membersihkan lantai kayu laminate dengan air hangat merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga agar permukaan kayu tetap mengkilap. Air merupakan pembersih kayu yang ringan dan bersih. Jika dilakukan dengan benar, cara ini tidak akan meninggalkan goresan pada lantai kayu.

Sebaiknya gunakan kain pel yang sedikit basah, sehingga air tidak menggenang dan menimbulkan noda pada lantai. Usaplah seluruh lantai, mulai dari pojok hingga pintu keluar. Jika lantai masih basah, segera keringkan menggunakan kain halus hingga bersih dan kering. Sebaiknya hindari menggunakan kain kasar, karena dapat menggores lantai.

 

4. Membersihkan Lantai dengan Larutan Cuka dan Air

Lantai kayu laminate harus dibersihkan secara teratur agar tampak lebih mengkilap. Anda dapat menggunakan larutan cuka putih. Caranya dengan mencampurkan 60 ml cuka putih ke dalam 940-1000 ml air, dan masukan ke dalam botol semprotan. Cuka putih sangat bermanfaat untuk memudahkan mengangkat noda, sehingga lantai kayu tetap mengkilap dan tidak kusam. Jangan menggunakan cairan cuka putih secara langsung tanpa dicampurkan dengan air. Hal ini karena cuka bersifat keras, sehingga dapat merusak permukaan lantai.

 

Jika Anda ingin membuat rumah tampak lebih alami dan natural, menggunakan lantai kayu parket laminate merupakan pilihan tepat. Selain memiliki harga yang ekonomis, tampilannya juga mirip dengan kayu asli. Anda dapat mengunjungi lantaikayufergio.com jika ingin memasang lantai kayu laminate. Lantai kayu Fergio menawarkan lantai kayu laminate atau papan HDF berkualitas tinggi, sehingga menghasilkan tampilan warna yang natural seperti kayu asli.