Fergio
Penggunaan Lantai Vinyl & SPC yang Tepat untuk Rumah Anda

Jika Anda menginginkan lantai yang bercorak kayu, lantai berbahan vinyl dan SPC bisa Anda gunakan, di mana salah satu manfaatnya adalah agar tidak terkena rayap. Namun, ada perbedaan penggunaan lantai vinyl & SPC yang harus Anda pahami, agar hasil yang Anda peroleh bisa maksimal.

Perbedaan Lantai SPC dan Vinyl

Agar dapat menggunakan lantai vinyl dan SPC dengan tepat, Anda harus mengetahui beda SPC dan vinyl. Berikut kami sajikan karakteristik dari masing-masing kedua bahan ini.

Lantai SPC

 

Lantai SPC adalah

Lantai SPC adalah lantai yang terbuat dari SPC, yang merupakan singkatan dari stone plastic composite. Bahan pembuatnya adalah dari serbuk batu kapur, PVC (polyvinyl chloride), dan beberapa bahan penstabil seperti kalsium atau seng. Karena tidak berbahan dasar kayu, lantai ini bebas dari bahaya serangan rayap.

Pemasangan pada lantai SPC terbilang cukup mudah, karena menggunakan sistem “klik” seperti halnya merangkai puzzle.

Selain itu, Anda tidak membutuhkan lem apa pun untuk memasangnya, sehingga terbebas dari bahaya zat VOC atau volatile organic compound yang terkandung dalam lem.

Jadi, apakah lantai SPC berbahaya? Tentunya tidak sama sekali, apalagi karena lantai SPC sendiri bebas dari zat kimia yang toxic.

Keunggulan lainnya yang dapat Anda peroleh dari lantai berbahan SPC ini adalah sifatnya yang kuat, karena berbahan dasar batu kapur. Oleh karena itu Penggunaan lantai ini cocok untuk ruangan Anda yang lebih ramai, seperti ruangan toko atau restoran yang sering dikunjungi oleh banyak orang.

Selain itu, lantai ini juga memiliki sifat tahan air, sehingga cocok untuk ruangan yang cenderung memiliki tingkat kelembaban yang tinggi seperti dapur atau kamar mandi.

Lantai Vinyl

 

Perbedaan Lantai SPC dan Vinyl

Di sisi lain, lantai vinyl merupakan lantai yang terbuat dari bahan-bahan seperti serat kaca, PVC, dan plasticizer. Sama halnya seperti SPC, lantai ini bebas rayap karena tidak berbahan dasar kayu. Selain itu, karena terbuat dari plasticizer, lantai ini memiliki tingkat kelenturan yang tinggi.

Wujud dari lantai vinyl ini pun bermacam-macam, mulai dari vinyl plank hingga vinyl sticker. Berikut adalah macam-macam lantai vinyl.

1.    Vinyl Plank

Vinyl Plank ini berbentuk persegi panjang. Jika Anda membeli produk vinyl plank dari Fergio, Anda akan memperolehnya dengan ukuran sebesar 91,44 cm x 15,24 cm. Dalam satu paket, Anda akan memperoleh sebanyak 24 buah untuk ketebalan 2 mm dan 3 mm.

Tidak seperti SPC, vinyl plank ini tidak memiliki sistem klik. Dengan kata lain, untuk memasang lantai ini Anda akan memerlukan lem khusus. Lem-lem yang dapat Anda gunakan bisa seperti water-based glue, polyurethane, atau akrilik.

2.    Vinyl Sticker

Bentuk lantai vinyl lain bisa berupa vinyl sticker. Seperti halnya vinyl plank, lantai ini berbentuk persegi panjang. Namun Anda dapat memperoleh 30 buah vinyl sticker produk Fergio untuk ukuran yang sama. Dengan ini, Anda tidak perlu menggunakan lem karena cara pemasangannya sama seperti memasang stiker.

Lantai vinyl ini sangat cocok untuk ruangan yang membutuhkan suasana yang tenang seperti studio atau ruang membaca. Kemampuan bahannya dalam meredam suara dapat membantu menciptakan ketenangan serta kualitas akustik yang baik untuk ruangan yang menggunakan lantai tersebut.

Penutup                                             

Penggunaan lantai vinyl & SPC memiliki perbedaannya masing-masing, dan perlu untuk Anda ketahui ketika merencanakan pemasangan lantai dengan salah satu di antara kedua lantai ini. Dengan menggunakan bahan lantai dengan tepat, Anda akan memperoleh suasana ruangan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Anda dapat memilih Fergio untuk keperluan lantai vinyl dan SPC yang rumah Anda butuhkan. Fergio menyediakan lantai vinyl dan SPC yang berkualitas sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kerusakan yang terjadi pada lantai ini. Anda bisa cek produk lantai vinyl kami di sini dan lantai SPC di sini.