lantai-parket-adalah-pengertian-dan-keunggulan-memasangnya
Lantai Parket Adalah : Pengertian dan Keunggulan Memasangnya

Mengenal Apa Itu Lantai Parket

 

lantai parket adalah

Parket berasal dari bahasa perancis yaitu “Parquette” yang artinya adalah memasang atau menghiasi lantai dengan potongan-potongan kayu berbentuk geometris. Teknik ini pertama kali populer berkat raja Louis XIV setelah merenovasi Palace of Versailes.

Dahulu  hanya orang-orang kaya dan terpandang saja yang memiliki rumah lantai parket, karena pengerjaannya sangat mahal. Untuk membuatnya, kayu dipotong secara manual dan membutuhkan seniman ahli untuk menyusunnya. Kini dengan perkembangan teknologi, setiap orang bisa memasangnya sendiri.

Material pembuatan kayu parket tak lagi berasal dari potongan kayu besar, sebab kini lantai parket terbuat dari material HDF. HDF ini terdiri dari 80% kayu asli dan 20% material penguat, sehingga menghasilkan balok yang lebih tahan lama.

Karena terbentuk 80% dari kayu alami, corak warna, tekstur, dan karakteristiknya mirip dengan kayu asli. Namun warnanya masih bervariasi karena mendapatkan lapisan cat khusus untuk mempercantik maupun memperkuat bidang permukaan kayunya.

Bentuknya sendiri biasanya persegi panjang dengan ukuran sekitar 90 x 120 cm, dengan bagian pinggirnya terdapat semacam sekat “klik”. Memudahkan pemasangan, penyambungan, dan pengaplikasian di lantai rumah tanpa harus memanggil tukang.

Keunggulan Menggunakan Lantai Parket

 

lantai parket terbuat dari

Salah satu alasan mengapa popularitas lantai kayu kembali meningkat adalah coraknya sangat unik dan memberikan kesan natural. Lantai kayu parket juga memiliki beberapa keunggulan lain, yang membuat banyak orang ingin menggunakannya, seperti :

1. Warnanya Tak Mudah Pudar

Kelebihan lantai parket paling utama adalah warnanya tak mudah pudar. Lantainya memiliki lapisan pelindung cat khusus, jadi meski sering Anda bersihkan lantainya, warnanya tetap sama. Warna lantai parket umumnya memberikan kesan elegan dan mewah bagi ruangan.

Anda dapat memilih beberapa jenis warna apabila memesan ke Fergio, contohnya holly white, magnollia, black khampi, new sungkay, canarium white, tectona grandis, dan harvest country. Pilihlah warna yang mampu membuat Anda nyaan berada di ruangan.

2. Perlindungan Terhadap Noda Membandel

Noda, makanan jatuh, minuman tumpah adalah beberapa kejadian yang sering terjadi ketika beraktivitas di rumah. Tak menutup kemungkinan hal ini terjadi pada ruangan yang menggunakan parket sebagai pelapis lantainya.

Anda tak perlu khawatir hal-hal tadi berpengaruh pada kualitas lantainya, karena sudah memiliki lapisan pelindung khusus antinoda. Ini membuat lantai mudah dibersihkan, tak meninggalkan bekas, serta tak mudah keropos.

3. Pemasangannya Mudah

Lantai parket juga memiliki sistem klik, yaitu bagian ujung-ujungnya memiliki desain untuk saling mengakit satu dengan lainnya. Sistem ini memungkinkan memasang lantainya tanpa perlu paku, lem, atau alat khusus. Anda cukup merekatkannya menggunakan sistem pengait tersebut.

Sebagai pemilik rumah, Anda pun bisa memasangnya sendiri, tinggal menggunakan palu saja untuk memperkuat sambungan. Namun agar hasilnya lebih baik, rapi, serta presisi, sebaiknya memanggil tukang pasang profesional saja.

4. Tahan Terhadap Panas

Lantai kayu biasa rawan terbakar, namun tidak dengan lantai parket Fergio. Bahannya berkualitas, membuatnya jauh lebih tahan panas dan tak mudah terbakar. Bahan berkualitas ini juga membuat lantai parket awet tahan lama hingga satu dekade.

Setelah memahami lantai parket adalah solusi terbaik untuk membuat tampilan rumah lebih estetis, kini Anda harus tahu di mana untuk memesannya. Fergio adalah penyedia lantai parket tepercaya dan berkualitas. Anda bisa melihat katalog parketnya dan memesannya langsung di sini.