mengenal-lantai-spc-keunggulan-dan-perbedaan-dengan-lvt
Mengenal Lantai SPC: Keunggulan dan Perbedaan dengan LVT

Apa itu Lantai SPC?

Lantai SPC adalah lantai yang terbuat dari SPC atau stone plastic composite. Sesuai penamaannya, lantai ini merupakan hasil composite, atau proses rekayasa gabungan beberapa bahan yang menghasilkan wujud baru.

Biasanya, bahan yang membentuknya antara lain:

  • Batu kapur
  • Bubuk PVC
  • Stabilizer

Selain itu, SPC umumnya memiliki sejumlah layer yang melapisi bahan intinya, termasuk seperti UV protect dan wear layer.

Perbedaan Lantai SPC dan Vinyl

Meskipun SPC menggunakan PVC dalam komponennya, namun perannya bukan sebagai bahan inti/utama, melainkan hanya salah satu bahan saja.

Faktanya, ada flooring lain yang secara konstruksi menjadikan PVC sebagai bahan utamanya, yakni flooring yang sering disebut LVT (Luxury Vinyl Tiles)

Selain dari sisi bahan, ada berbagai poin pembeda lain yang penting Anda perhatikan. Untuk memahami perbedaan lantai SPC vs LVT, silahkan amati tabel perbandingan berikut ini:

Perbedaan

SPC

LVT Vinyl

Bahan inti

Stone plastic composite

Polivinil klorida

Konstruksi

Kaku dan cenderung keras

Fleksibel dan cenderung lentur

Ketebalan

Lebih tebal, biasanya berkisar 4 sampai 6 milimeter

Lebih tipis, umumnya di bawah 4 milimeter

Kekokohan

Sangat kokoh, tidak mudah hancur atau penyok

Kurang kokoh, lebih mudah hancur atau penyok

Harga

Lebih mahal

Lebih murah

 

Walau memiliki sejumlah perbedaan, nyatanya kedua flooring di atas juga memiliki persamaan. Salah satunya adalah kemampuannya yang water resistant (kedap air).

Sehingga, penggunaanya sebagai flooring sangat cocok untuk tempat-tempat yang sering bersentuhan dengan air, seperti kamar mandi dan dapur. Walaupun demikian, bukan berarti di tempat lain tidak boleh.

Mengapa Anda Harus Menggunakan SPC?

Dari sedikit penjelasan yang sudah kami bagikan, Anda mungkin sudah menimbang untuk menggunakan SPC sebagai flooring. Namun untuk semakin yakin, ada sejumlah kelebihan lantai SPC yang bisa jadikan Anda pertimbangan tambahan!

1.Tidak Mudah Memuai

Temperatur tanah yang berubah, dapat membuat lantai memuai sehingga terangkat bahkan pecah. Dengan flooring berbahan SPC, potensi pemuaian lebih kecil, tidak seperti lantai vinyl.

2.Tahan Api

Bukan hanya tahan air, SPC juga sebenarnya bersifat tahan api. Inilah alasannya mengapa flooring ini sangat cocok Anda instalasi di dapur yang berpotensi dekat dengan api.

3.Ramah Lingkungan

Pada bahan-bahan flooring lain, ada yang mengeluarkan bahan-bahan berjenis radioaktif yang tidak ramah lingkungan. Hal itu berbeda dengan SPC yang 100% tidak mengeluarkan bahan radioaktif.

4.Perawatan Mudah

Anda tak perlu memberikan sentuhan khusus pada lantai SPC. Namun, cukup memberi perlakuan dengan perawatan umum, seperti menyapu atau mengepel lantai.

5.Motif Banyak dan Tampak Mewah

Berkat lapisan vinyl yang di bagian luar SPC, flooring ini bisa mendapatkan sentuhan tekstur, warna, dan look yang menarik serta tampak mewah (luxury). Bahkan, bisa lebih mewah ketimbang flooring LVT (Luxury Vinyl Tiles).

Mau Instal Lantai SPC?

Bagaimana? Sudah lebih kenal dengan lantai SPC? Tertarik untuk menggunakannya?

Jika iya, Anda bisa menghubungi kami, Fergio, spesialis flooring dengan kualitas premium yang menawarkan produk-produk terbaik. Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, Fergio hadir dengan jaminan spesifikasi yang tak perlu Anda ragukan.

Kalau kini Anda sudah yakin lantai SPC adalah pilihan terbaik, Anda bisa mulai memilih A berbagai motif dan warna koleksi kami di halaman ini. Selanjutnya, jangan ragu untuk bertanya dan konsultasi dengan CS kami!