mengenal-jenis-jenis-lantai-vinyl-untuk-mempercantik-hunian-modern-anda
Mengenal Jenis-Jenis Lantai Vinyl untuk Mempercantik Hunian Modern Anda

Mengenal Jenis Lantai Vinyl Berdasarkan Ukurannya

 

ukuran lantai vinyl

Sebelum memutuskan untuk membeli, pertimbangkan terlebih dahulu ukuran lantai vinylnya. Terdapat tiga jenis ukuran yang biasanya tersedia di pasaran, yaitu Roll, Plank, dan Tile. Berikut penjelasan perbedaan ukurannya.

1. Jenis Lantai Roll

Berbentuk seperti karpet yang menggulung, sifat lantai roll cenderung lentur dan tak mudah pecah. Ukuran lantai vinyl roll juga cukup besar, yaitu sekitar 2 meter dan panjang hingga 25 meter. Keunggulan dari besarnya ukuran ini adalah minim celah sambungan.

Oleh karena itu, lantai ini cocok sekali Anda gunakan sebagai alas pada ruangan basah, seperti kamar mandi, ruang cuci, atau ruangan lembap. Minimnya sambungan meminimalisir air yang masuk ke sela-sela dan merusak vinylnya. 

2. Jenis Lantai Plank

Lantai plank berbentuk seperti papan-papan kayu panjang, dengan ukuran sekitar 10-20 cm lebarnya dan 90-100 cm panjangnya. Bentuknya yang mirip kayu ini memberikan kesan kayu yang lebih natural. Selain itu Anda juga bisa lebih leluasa memasangnya agar terlihat lebih cantik dan elegan.

Salah satu model pemasangan yang sedang hits adalah dengan teknik herringbone, yaitu menyusun plank seperti bentuk tulang ikan. Model ini memberikan kesan lebih fresh, kekinian, estetik, dan mewah. Pemasangannya juga mudah, karena sudah ada sistem perekat pada ujung vinylnya.

3. Jenis Lantai Tile

Jenis ketiga adalah tile, yang merupakan jenis vinyl lantai terbaik untuk menggantikan peran keramik. Bentuknya persegi mirip keramik, dengan ukurann beragam, mulai dari 30 hingga 50 cm. Keunggulannya terletak pada bahannya lebih awet, lebih universal, dan mudah melakukan dekorasi ulang bila Anda perlukan.

Mengenal Jenis Lantai Vinyl Berdasarkan Teksturnya

 

jenis vinyl lantai terbaik

Selain ukuran, ternyata lapisan lantai vinyl juga memiliki karakteristik berbeda berdasarkan teksturnya. Lantai di Fergio memiliki jenis embossed (memiliki tekstur seperti kayu), tetapi terdapat dua model utama, yaitu :

1. Crystal Embossed

Corak pada jenis lantai vinyl ini cenderung berupa bintik–bintik serta guratan–guratan tipis, mirip serat kayu halus. Tekstur ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki ruangan yang terlihat lebih luas. Crystal embossed biasanya tersedia dalam warna adaman ataupun golden.

Keunggulan menggunakan crystal embossed adalah coraknya kadang lebih bervariasi, seperti memiliki 6 corak tile sekaligus. Ini tentu membuat ruangan jauh terasa lebih luas, nyaman, terang, dan terkesan elegan. Anda juga bisa mengombinasikan dengan herringbone pattern.

2. Deep Embossed

Jenis tekstur kedua adalah deep embossed, ciri utamanya yaitu guratan terlihat lebih jelas, yaitu bergaris–garis seperti ketika memotong pohin secara melintang. Teksturnya juga terlihat lebih bergelombang, membuat nuansa terasa lebih rustic.

Buat Anda penggemar corak vintage atau rustic, deep embossed adalah jenis lantai vinyl terbaik. Tinggal sesuaikan warna, perabotannya, serta ukuran tile-nya agar suasana ruangan makin terasa nyaman

Setelah mengetahui berbagai jenis lantainya, pastikan Anda membeli di tempat yang tepat. Fergio adalah salah satu penyedia lantai kayu tepercaya untuk mempercantik hunian Anda. Tersedia berbagai jenis lantai vinyl, siap pasang. Yuk segera hubungi kami dengan klik di sini!