Fergio
Jangan Asal Beli! Yuk Kenali Apa Itu Aksesoris Lantai Kayu

Penggunaan aksesoris lantai kayu diperlukan untuk mempercantik tampilan lantai kayu. Apa itu aksesoris lantai kayu? Bagi Anda yang suka dengan estetika dan ingin menyemarakkan lantai rumah Anda, simak fungsi dan pilihan aksesoris lantai kayu di bawah ini.

Selain mempercantik, terkadang aksesoris lantai kayu juga berfungsi untuk menutupi kekurangan yang terjadi selama proses pembangunan atau pemasangan lantai kayu. Misalnya tumpahan cat, plamir yang tidak rata, dan lainnya. Sehingga hasil akhir pemasangan dapat terlihat lebih rapi.

Macam-Macam Aksesoris Lantai Kayu

Aksesoris lantai kayu yang umum digunakan adalah aksesoris lis, yang terdiri dari 2 jenis bahan lis, yaitu PVC ( polivinil klorida) dan MDF (Medium Density Fiberboard). Biasanya untuk bahan MDF lebih berisiko termakan rayap dibanding PVC.

Ketebalan lis umumnya mulai dari 2 mm hingga 1 cm, tergantung ketebalan lantai. Apa pun merk lantai parket dan vinyl yang Anda pakai, keduanya bisa menggunakan aksesoris kayu tersebut. Berikut beberapa aksesoris kayu yang bisa Anda gunakan:

  1. Lis Tembok Skirting Atau Plint

 

list tembok kayu

Terdiri dari beberapa ketinggian, mulai dari 6 cm hingga 10 cm, lis kayu yang satu ini umumnya dipasang di pinggiran tembok. Pada beberapa toko, Anda juga bisa memesan ukuran custom untuk lis skirting. Beberapa fungsi lis skirting, yaitu:

  • Menutupi jarak antara ujung lantai dengan tembok. Untuk mengatasi pemuaian, saat pemasangan lantai kayu, biasanya diberi sedikit jarak antara lantai dan tembok. Agar jarak ini tidak kelihatan dan lebih rapi, Anda bisa menggunakan lis skirting.
  • Memanipulasi tembok yang miring.
  • Melindungi tembok dari kotoran saat mengepel atau menyapu.
  1. Lis Ending Atau Lis Siku

 

lis siku kayu

Berbentuk seperti huruf L atau siku-siku, lis yang satu ini dapat Anda gunakan sebagai pengganti lis plint. Terutama pada area yang tidak bisa terpasang dengan lis plint atau skirting, misalnya kaca yang ada pada lantai ruang fitnes. Juga dapat dipasang pada pinggiran tembok atau pembatas pada lantai tangga.

  1. Lis Adaptasi

 

lis adaptasi kayu

Mirip dengan lis siku, hanya saja pada permukaan yang lebih lebar, agak sedikit melengkung. Anda bisa memasangnya pada area pintu atau sebagai pemisah antara dua lantai dengan beda ketinggian, misalnya lantai keramik dan lantai kayu.

  1. Lis Transisi

 

lis transisi lantai kayu

Berbentuk seperti huruf T, lis ini memiliki fungsi yang sama seperti lis adaptasi. Tempat pemasangannya pada area pintu atau sebagai pemisah lantai. Hanya saja, untuk lis transisi berfungsi untuk memperjelas beda antara dua ruang dengan ketinggian yang sama.

  1. Lis Nosing Atau Lis Oval

 

lis lantai kayu

Sesuai dengan namanya, bentuknya sedikit oval. Anda juga bisa memasang lis yang satu pada area tangga, seperti lis siku.

  1. Underlayer Foam

 

undlerlayer foam

Underlayer foam merupakan lapisan yang bisa Anda gunakan saat pemasangan lantai kayu. Fungsinya antara lain:

  • Untuk membantu meratakan permukaan lantai.
  • Mencegah keringat dari permukaan lantai mengenai lantai kayu.
  • Mengurangi bunyi decitan pada lantai kayu.

Penutup

Anda bisa memilih aksesoris lantai kayu sesuai dengan ketebalan lantai dan kecocokan warna dengan lantai kayu. Jika Anda kebingungan menentukan aksesoris mana yang tepat untuk Anda gunakan, Anda bisa meminta bantuan kepada tenaga ahli. Misalnya tukang atau desainer interior.

Anda bisa membeli aksesoris pada tempat jual lantai parket atau aneka lantai kayu langganan. Anda juga bisa mendapatkan aksesoris di toko lantai kayu fergio, online maupun offline.

Lantai Kayu Fergio menyediakan aneka jenis lantai kayu dan aksesoris lantai kayu dengan bahan terbaik dan berkualitas. Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut mengenai apa itu aksesoris lantai kayu dan aneka fungsinya, silahkan kunjungi website atau toko kami pada alamat yang tertera.