Fergio
Ingin Lantai Parket Awet? Ini 5 Tips Merawat Lantai Parket

Berbeda dengan lantai keramik, lantai parket membutuhkan perawatan khusus agar bisa lebih awet dan tahan lama. Anda bisa menemukan tips merawat lantai parket di sini. Pastikan Anda menerapkannya sehingga lantai parket di rumah tidak mudah rusak.

Semakin ke sini, desain rumah masa kini mulai sering menggunakan lantai kayu parket sebagai pelapis lantai. Memberikan kesan natural dan alami, jenis lantai ini sangat cocok untuk berbagai desain rumah, mulai klasik hingga modern. Apa saja yang perlu diperhatikan untuk merawat lantai parket?

Tips Merawat Lantai Parket                

1. Rutin Dibersihkan Setiap Hari

 

Tips merawat lantai parket

Jangan sampai ada debu atau kotoran yang melekat lama pada lantai parket. Sebab, jenis lantai ini lebih mudah menyerap kotoran dan debu. Ketika Anda jarang membersihkannya, kotoran akan mudah menempel dan menumpuk pada lantai, sehingga makin sulit untuk membersihkannya.

Sebenarnya, cara membersihkannya tidak rumit. Sama seperti lantai keramik, Anda hanya perlu menyapunya rutin setiap hari. Baik lantai parket atau keramik, keduanya perlu dibersihkan setiap hari. Gunakan sapu atau kain kering untuk pembersihan rutin.

2. Alasi dengan Karpet Lantai Parket di Area Bermain Anak

 

lantai parket atau keramik

Sebenarnya sah-sah saja jika Anda akan memasang lantai parket pada area bermain anak. Hanya saja, tentu ini akan lebih melelahkan, karena butuh pembersihan ekstra, mengingat biasanya anak-anak menyisakan banyak sisa kotoran setelah bermain.

Untuk mengatasinya, Anda bisa dengan meletakkan karpet di atas lantai parket, sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

3. Gunakan Lap Basah untuk Pembersihan Menyeluruh

 

cara mengepel lantai parket

Apakah lantai parket bisa dipel? Jawabannya adalah iya, tapi hanya dengan lap basah. Untuk pembersihan secara menyeluruh, lap lantai parket dengan kain basah.

Cara mengepel lantai papan adalah, celupkan kain lap ke dalam air, lalu peras hingga air mengering. Jangan mengepel dengan kain yang terlalu mengandung banyak air.

4. Hindarkan dari Benda yang Menyebabkan Lecet dan Goresan

 

cara merawat lantai parket

Untuk mengurangi goresan dari furnitur rumah, sebaiknya alasi bagian bawah furnitur dengan kaki pelindung. Terutama, untuk barang berat seperti lemari, rak buku, dan sofa. Jika perlu, rutin potong kuku hewan peliharaan untuk meminimalkan goresan.

Batasi pemakaian alas kaki yang berat seperti sepatu safety pada lantai parket, karena ini akan memicu goresan. Letakkan keset atau lap kaki di pintu masuk, agar tidak terlalu banyak kotoran yang terbawa dari sandal atau alas kaki.

5. Jangan Biarkan Air Menggenang Terlalu Lama di Atas Lantai

 

tips agar lantai parket awet

Karena terbuat dari bahan kayu, lantai ini sangat lemah terhadap air yang menggenang, apalagi dalam kondisi lama. Bahkan jika dibiarkan terus-terusan, akan mengakibatkan pelapukan.

Segera lap tumpahan air baik dari makanan atau minuman agar tidak merusak lantai parket.

Kesimpulan

Agar lantai parket bisa senantiasa senantiasa terjaga bentuk dan tampilannya seperti saat pertama dipasang, jangan lupa untuk merawatnya dengan beberapa tips di atas. Anda hanya perlu menjaga lantai parket agar tidak kotor, menghindarkan dari basah, dan penyebab lecet atau goresan.

Jika Anda masih ragu untuk memilih lantai parket, kini lantai kayu Fergio hadir dengan lantai parket dari bahan yang berkualitas. Terdapat lapisan pada bagian atas yang berfungsi untuk melindungi parket dari noda membandel dan goresan benda.

Hubungi kami dan dapatkan informasi lengkap mengenai lantai parket di halaman ini. Atau, langsung datang ke toko offline pada alamat yang tertera pada website. Silahkan datang dan bertanya tentang lantai kayu atau  tips merawat lantai parket. Petugas kami akan melayani Anda dengan sepenuh hati.