cara-mudah-menghitung-kebutuhan-lantai-kayu-parket
Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Lantai Kayu Parket

Tips Menghitung Ukuran Lantai Kayu

Berikut beberapa cara yang perlu dilakukan untuk menghitung ukuran lantai kayu laminate sesuai kebutuhan:

 

  • Menghitung luas ruangan

Langkah pertama yang dilakukan untuk mengetahui ukuran kayu laminate yang dibutuhkan adalah mengukur luas ruangan. Anda dapat menggunakan meteran untuk menentukan panjang dan lebar ruangan yang akan dipasangi lantai kayu laminate. Untuk menghitung luas ruangan, Anda hanya perlu mengalikan ukuran panjang dengan lebar ruangan. Misalnya ruangan memiliki panjang 8 meter dan lebar 4 meter, maka luas ruangan adalah 8x4 = 32 m2.

 

  • Menghitung luas volume per box

Ukuran per panel laminate setiap merek berbeda-beda. Salah satu ukuran per panel laminate yang biasa dijumpai adalah 1217 x 197 mm, dengan isi per Box-nya adalah 8 panel. Jadi, volume lantai kayu laminate per Box-nya adalah 1217 x 197 x 8 = 1.918 m2.

 

  • Menambahkan waste

Anda juga harus menghitung jumlah kelebihan potongan pinggir atau allow end. Saat pemasangan, lantai kayu laminate tidak memiliki konsistensi terhadap ukuran ruangan, sehingga memerlukan tambahan pengukuran sebanyak 5 - 10% dari luas lantai. Penambahan ukuran lantai laminate digunakan untuk penyesuaian ruangan, karena pada setiap sudut ruangan biasanya membutuhkan potongan tambahan.

 

  • Menghitung ukuran kayu laminate yang dibutuhkan

Setelah menghitung luas ruangan, volume per box dan jumlah waste yang dibutuhkan, Anda dapat menghitung ukuran kayu laminate yang dibutuhkan. Misalnya, ukuran ruangan yang ingin dipasangi lantai kayu laminate adalah 8 x 4 = 32 m2, dan luas volume per box adalah 1.918 m2, maka jumlah lantai kayu laminate yang dibutuhkan adalah (32 x 110%) : 1.918 = 18.352 box. Jadi, jumlah kayu laminate yang dibutuhkan untuk ruangan berukuran 32 m2 adalah 18.352 box. Karena kayu laminate dijual per box, maka jumlah kayu laminate yang harus dibeli adalah 19 box.

 

Lantai kayu parket laminate, merupakan solusi terbaik jika Anda ingin mendesain rumah dengan nuansa alami dan natural. Lantai kayu laminate memiliki harga yang lebih murah dan mudah dipasang. Jika Anda tertarik memasang lantai kayu laminate, segera kunjungi lantaikayufergio.com. Lantai kayu Fergio telah berdiri sejak tahun 2008 dan telah memiliki pengalaman 10 tahun dalam hal pemasangan lantai kayu laminate. Kepuasan dan kualitas bahan merupakan prioritas utama dari lantai kayu Fergio. Sehingga, Anda tidak perlu ragu untuk memesan lantai laminate di lantaikayufergio.com.