Fergio
Bahan Dasar Lantai SPC, Struktur Lapisan, dan Keamanannya

Mengetahui bahan dasar lantai SPC merupakan salah satu pertimbangan penting sebelum Anda memutuskan memilihnya sebagai flooring.

Bagaimanapun, bahan dasar ini menentukan berbagai aspek yang kemudian jadi karakternya. Mulai dari ketahanan, kenyamanan, dan yang terpenting adalah keamanan.

Key Takeaways:

Dalam artikel ini, kami akan mengulas bahan dasar dan bahan pelapis SPC flooring. Sekaligus, menjawab seberapa aman materialnya jika Anda instalasikan.

Bahan Dasar Lantai SPC

Lantai SPC adalah lantai yang memiliki bahan dasar stone plastic composite. Bahannya ini merupakan hasil composite (gabungan) beberapa bahan yang menjadi material dengan karakter khas.

Ada tiga komponen material yang membentuk bahan inti SPC:

1.Kalsium Karbonat

Biasanya, sumber kalsium karbonat yang digunakan berasal dari batu kapur. Batuan berwarna putih ini memang terkenal dengan kandungan kalsium dan mineralnya.

2.Bubuk PVC (Polyvinyl Chloride)

PVC adalah bahan utama dari lantai vinyl seperti LVT (Luxury Vinyl Tiles) yang lebih dulu ada. Pada SPC, keberadaan PVC hanya menjadi salah satu komponen.

3.Stabilizer

Stabilizer berfungsi untuk memberikan stabilisasi pada komponen bahan dasar lantai SPC.

Gabungan dari komponen dasar di atas, menghasilkan karakter flooring yang kuat dan kokoh. Terutama, apabila Anda perbandingkan dengan lantai LVT yang lebih lunak, sehingga secara daya tahan SPC sangatlah bagus.

Struktur Lapisan Lantai SPC

Di luar bahan dasarnya, SPC memiliki sejumlah lapisan lain yang berfungsi untuk memperkaya fiturnya. Dengan tambahan berbagai lapisan ini, level SPC sebagai salah satu jenis flooring menjadi tinggi dan masuk kategori flooring mewah.

Lalu, apa saja lapisan lantai SPC?

  • Lapisan pertama: UV Coating Layer

Lapisan paling atas dari UV coating layar punya fungsi utama menjaga flooring dari goresan serta noda. Dengan demikian, lantai SPC selain awet, juga mudah untuk dibersihkan.

  • Lapisan kedua: Wear Layer

Kurang lebih, fungsinya sama dengan lapisan yang paling atas, yang meningkatkan durabilitas dalam pemakaiannya.

  • Lapisan ketiga: Color Films/Decor Films

Bagian yang satu ini adalah tempat dekorasi lantai SPC dibuat, sehingga penampilannya menjadi beragam, berwarna, dan beraneka tekstur.

  • Lapisan keempat: SPC Core

Bahan inti atau dasar yang sebelumnya sudah kami bahas terletak di lapisan yang keempat. Di sinilah letaknya stone plastic composite yang membuat lantai SPC memiliki karakter kokoh dan kuat.

  • Lapisan kelima: Foam

Keberadaan foam ini opsional, tidak semua produk lantai SPC memilikinya. Fungsinya, ini memberikan tambahan fitur, yakni menambahkan kelembutan dan memberi efek peredam suara.

Keamanan Lantai SPC

 

Banyak yang bertanya, apakah lantai SPC berbahaya? Jika Anda termasuk yang mempertanyakannya, jawaban kami adalah tidak berbahaya. Bahkan sebaliknya, ia menawarkan fitur keamanan yang baik.

Berikut alasannya!

1. Mengandung Logam dalam Kadar Wajar

Memang, ada kandungan logam di dalam material SPC. Namun, levelnya masih batas wajar dan aman sehingga Anda tidak perlu khawatir.

2. Antislip

Material lantai SPC yang tidak menyerap air, membuat Anda tak perlu takut terpeleset jika melaluinya. Bagi yang sedang merancang interior dengan penghuni orang tua dan anak-anak, tentu ini opsi bagus.

3. Fire Resistance di Level B1

Fakta lainnya, berdasarkan uji ketahanan terhadap api, material SPC ada di level B1. Ini adalah level kedua terbaik dengan potensi terbakar paling minim. Kecil kemungkinan api dari benda seperti puntung rokok yang menyentuh lantai SPC dapat menyebar membakar interior.

Dengan kualitas bahan dasar lantai SPC beserta struktur lapisannya, jenis flooring ini layak menjadi opsi utama untuk interior yang ingin Anda dekor.

Jika Anda sudah tak sabar untuk menginstalnya, jangan ragu hubungi tim Fergio. Kami menawarkan produk lantai SPC berkualitas berikut jasa instalasinya untuk Anda. Tim profesional dan berpengalaman kami siap membantu Anda mewujudkan bangunan impian!