5-tips-memilih-aksesoris-lantai-kayu-yang-tepat
5 Tips Memilih Aksesoris Lantai Kayu yang Tepat

5 Tips Memilih Aksesoris Lantai Kayu yang Tepat

 

Aksesoris yang umumnya digunakan pada lantai kayu adalah lis dari bahan PVC maupun MDF. Dalam memilih aksesoris ini, sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut.

  1. Sesuaikan dengan Budget yang Anda Punya

 

aksesoris lantai kayu

Lis aksesoris lantai kayu terbuat dari bahan yang berbeda, yaitu MDF (Medium Density Fiberboard) dan PVC (Polyvinyl Chloride). Tentu harganya juga berbeda, meskipun tidak terlalu jauh.

Sebagai perbandingan, harga jual lis transisi bahan PVC, dengan panjang 2,4 m adalah Rp75.000. Sedangkan harga lis transisi bahan MDF dengan panjang 2,4 m adalah Rp70.000.

Pastikan Anda memilih aksesoris berdasarkan jumlah anggaran yang Anda miliki, sehingga tidak menyebabkan over budget.

  1. Perhatikan Spesifikasi dan Fungsi Aksesoris

 

jenis jenis aksesoris lantai kayu

Jangan asal beli semua aksesoris lantai kayu. Pastikan Anda membeli sesuai dengan kebutuhan lantai rumah. Misalnya lis skirting dapat Anda pasang pada tembok bagian bawah dan lis ending untuk siku atau anak tangga.

Sementara lis adaptasi biasa digunakan untuk pemisah lantai beda ketinggian, dan lis transisi adalah pemisah lantai dengan ketinggian yang sama. Anda juga bisa memasang lis nosing pada tangga, serta underlayer foam sebagai lapisan saat memasang lantai kayu.

Dengan demikian, Anda tahu aksesoris apa saja yang harus Anda beli. Jika di rumah tidak ada tangga, Anda tidak perlu membeli aksesoris untuk tangga.

  1. Sesuaikan dengan Warna Lantai Kayu

 

Baik lantai parket atau keramik, untuk tampilan yang serasi, sebaiknya Anda memadukan warna lis dengan warna lantai dan tembok. Meskipun sebenarnya ini berkaitan dengan selera, sebaiknya warna lis menyesuaikan atau menjadi penghubung antara warna lantai kayu dan tembok. Ini tentu bisa menambah estetika tampilan lantai kayu Anda.

  1. Pilih Bahan dengan Perawatan yang Lebih Mudah

 

tips memilih aksesoris lantai kayu

Karena terbuat dari sejenis bahan plastik, bahan PVC lebih tahan rayap daripada MDF yang berasal dari proses padatan serpihan kayu. Selain itu, bahan PVC lebih tahan air daripada MDF. Anda mungkin dapat mempertimbangkan hal ini, meskipun harga bahan PVC sedikit lebih mahal daripada MDF.

  1. Beli di Toko Tepercaya

 

tips memilih aksesoris lantai kayu yang tepat

Jika memungkinkan, pilihlah aksesoris lantai kayu dari toko official. Selain memudahkan dalam mengeklaim garansi jika terjadi kerusakan, Anda juga bisa mendapatkan produk original dan berkualitas. Jika tidak memungkinkan, bisa melalui distributor terdekat.

Penutup

Meski bukan komponen utama dalam proses pemasangan lantai kayu, aksesoris lantai kayu dapat menyempurnakan penampilan lantai sehingga lebih apik. Anda juga dapat meminta saran dari penjual, tentang model dan ukuran aksesoris yang tepat.

Jika bingung mencari tempat aksesoris tepercaya, kini Lantai Kayu Fergio juga menyediakan aksesoris bahan PVC atau MDF dengan produk berkualitas. Kami juga menyediakan jenis lantai kayu vinyl atau lantai kayu parket tahan air.

Terapkan beberapa tips memilih aksesoris lantai kayu yang tepat di atas, agar dapat mendapatkan aksesoris lantai kayu sesuai dengan kebutuhan. Kunjungi toko offline kami di daerah Tangerang dan Jakarta Utara. Bersama Fergio, kembalikan keindahan lantai Anda dengan layanan terbaik kami.