8-cara-membersihkan-lantai-spc-merawatnya-bikin-awet
8 Cara Membersihkan Lantai SPC & Merawatnya, Bikin Awet!

1. Mencegah Datangnya Kotoran

 

 

Sebelum berbicara cara membersihkannya, pastikan Anda telah lebih dulu mencegah datangnya potensi kotoran. Salah satu caranya, dengan memasang keset atau rubber mat pada setiap pintu tempat masuknya orang-orang.

Langkah ini membantu mencegah datangnya potensi kotoran, baik dari butiran debu, pasir, tanah, dan berbagai hal lain yang bisa menempel pada lantai SPC.

2. Menyapu Lantai Secara Rutin

Meskipun Anda sudah menaruh keset, kotoran pasti tetap berpotensi datang dan tercecer di lantai SPC Anda. Karenanya, jangan malas untuk menyapu lantai secara berkala untuk menghindari kotoran yang menempel lama pada lantai dan bisa merusak lantai.

Tak ada teknik spesial yang perlu Anda lakukan saat menyapu. Cukup gunakan sapu biasa, meski tak masalah juga jika menggunakan alat elektronik seperti sapu listrik atau penyedot debu.

3. Mengepel dengan Benar

Mengepel sama pentingnya dengan menyapu. Namun, saat melakukan langkah ini, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar lantai SPC berumur lebih panjang. Cara cuci lantai SPC yang benar adalah sebagai berikut:

  • Gunakan larutan dengan kadar pH yang ringan.
  • Hindari kain/lap pembersih yang punya sifat abrasif (keras dan menghancurkan).
  • Intensitas pel tidak perlu terlalu sering.
  • Hindari air yang berlebihan atau banjir, karena bisa menjadi pemicu tumbuhnya jamur pada lantai.

4. Jangan Menggunakan Steam Cleaner

 

Steam cleaner mungkin alat yang tampak praktis untuk membersihkan lantai. Namun, jika flooring SPC yang Anda gunakan, sebaiknya jangan pakai alat ini.

Memang benar, dengan suhu uap yang bisa mencapai hampir 100 derajat Celcius, steam cleaner bisa sangat efektif dalam membasmi bakteri dan kuman.

Namun pada saat bersamaan, panas tersebut bisa memperlemah ikatan pada struktur lantai Anda. Efeknya, lantai bisa rusak.

5. Gunakan Larutan Cuka

 

Sifat cuka yang asam, ternyata dapat bermanfaat untuk lantai SPC Anda. Jika Anda menggunakannya sebagai cairan pembersih, ada dua setidaknya manfaatnya:

  • Menjaga lantai sehingga tetap bersih.
  • Menghilangkan bau yang menempel.

6. Hindarkan dari Paparan Sinar Matahari yang Ekstrem

 

Tak hanya dari steam cleaner, panas berlebih mungkin juga muncul dari paparan langsung sinar matahari. Dalam, jangka panjang, terlalu sering terpapar membuat lantai bisa tampak kusam dan warnanya berubah.

Cara penjagaan lantai SPC dari matahari ini adalah dengan memasang tirai atau gorden di ruangan yang Anda install lantai SPC. Terutama jika ruangannya tidak memiliki kaca dan bersinggungan langsung dengan sinar matahari.

7. Hindarkan dari Sumber Panas yang Bersentuhan Langsung

 

Selain sinar matahari, potensi panas yang bisa merusak lantai SPC bisa datang dari hal-hal lain.

Meski punya sifat tidak mudah terbakar dengan level resisten api B1, tapi tetap Anda perlu menghindarkan lantai dari benda-benda tersebut. Bagaimanapun, level B1 tetap menyimpan kemungkinan.

Jadi, Anda perlu menghindarinya karena sumber panas bukanlah sahabat bagi lantai SPC.

8. Hati-Hati saat Memindahkan Barang

 

Memindahkan barang seperti furniture di dalam ruangan pasti sulit Anda hindari. Tapi, pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati, jangan biarkan bahan furniture yang bersifat abrasif merusak tekstur lantai Anda.

Anada bisa mengangkat barang, bukan dengan mendorong atau menyeretnya di lantai, karena, itu dapat membuat lantai jadi lecet dan tergores.

Demikianlah cara membersihkan lantai SPC dan merawatnya dengan tepat. Kalau Anda ada rencana untuk instalasi lantai SPC lagi, Anda bisa gunakan produk dan jasa kami, Lantai Kayu Fergio.

Kami adalah perusahaan spesialis flooring berpengalaman yang menawarkan produk-produk premium dengan harga terjangkau!