tertarik-menggunakan-lantai-vinyl-perhatikan-tips-pemasangannya-secara-tepat
Tertarik Menggunakan Lantai Vinyl? Perhatikan Tips Pemasangannya Secara Tepat

Penasaran ingin tahu seperti apa tips pemasangannya? Berikut ini tips aman pemasangan lantai yang terbuat dari vinyl:

 

1. Buat Skesta Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan terlebih dahulu adalah membuat sketsa ruangan di mana lantai ini akan dipasang. Ukur dengan pasti dan akurat dimensi ruang. Dengan menghitung secara tepat, Anda bisa mengetahui berapa jumlah vinyl yang akan dibutuhkan. Supaya lebih tepat saat pemasangannya nanti, bisa Anda tambah beberapa inci. Untuk memungkinkan apabila terjadi penambahan atau pemotongan.

 

2. Persiapkan Lantai yang Akan Menggunakan Lembar Vinyl

Sebelum melakukan pemasangan vinyl pada lantai rumah, sebaiknya harus dipastikan terlebih dahulu bagaimana kondisi lantai tersebut. Lantai yang digunakan harus kering, halus bersih dan permukaannya juga rata.

Apabila lantai rumah Anda terbuat dari semen, jangan lupa untuk memastikan bahwa  keadaannya bersih dan tidak lembab. Demikian juga untuk lantai lainnya. Terlebih untuk lantai keramik yang kondisinya harus baik, tidak ada retakan, kotoran serta pasir yang menempel.

Suhu lantai pun harus diperhatikan. Karena vynil tidak bisa digunakan saat lantai masih panas karena terik matahari. Saat lantai dingin pun harus dihindari.

 

3. Pemasangan Berturut

Pasti timbul pertanyaan mengapa saat akan melakukan pemasangan, harus dilakukan secara berturut dari satu ruangan dengan ruangan yang lain?

Perlu diketahui bahwa lembaran vinyl itu sangat banyak, jadi saat kondisi lantai rumah telah terpenuhi dan siap dipasang vinyl pemasangannya memang harus berturut. Mulai dari titik tengah ruangan hingga nanti menjalar ke seluruh ruang. Dilakukan demikian untuk menghindari  adanya potongan vinyl yang tidak terpakai dan terbuang.

 

4. Proses Pemasangan

Pada saat memasang vinyl pada sebuah lantai, diharuskan menyesuaikan dengan arah petunjuk yang ada pada lapisan vinyl. Pemasangannya harus sesuai dengan pola dan arah yang sama.

Hal lain yang harus diperhatikan dan penting adalah material vinyl memiliki lapisan pelindung yang cukup licin. Oleh karena itu, apabila lapisan tersebut telah dilepaskan, vinyl harus segera dipasang. Proses ini memang harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati agar hasilnya bisa maksimal.

 

5. Proses Cutting

Biasanya setelah proses pemasangan selesai, terdapat sedikit ruang yang tersisa. Untuk itu Anda harus melakukan pemotongan vinyl sesuai dengan kebutuhan. Potong dengan pisau yang disesuaikan dengan kebutuhan pada saat proses instalasi berlangsung.

 

Lantai yang terbuat dari vinyl ini biasanya terdapat beragam jenis. Untuk mendapatkan kualitas yang terbaik, harus Anda perhatikan di mana tempat untuk mendapatkannya.

Salah satu rekomendasi terbaik adalah merek Fergio, yang segala informasinya bisa Anda dapatkan di lantaikayufergio.com. di tempat ini, Anda akan mendapatkan segala jenis material untuk lantai yang Anda butuhkan.

Lantai vinyl, kayu, atau jenis lainnya memang butuh proses yang teliti saat pemasangannya. Jadi harus benar-benar diperhatikan tips dan triknya. Demikian informasi singkat tentang tips yang sekiranya akan berguna untuk Anda.